P E N G U M U M A N NOMOR : PG.9/PEG-1/2008
PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL DEPARTEMEN KEHUTANAN
FORMASI TAHUN 2008
Departemen Kehutanan membuka kesempatan kepada para lulusan Diploma III dan Sarjana (S1)) untuk diangkat menjadi calon tenaga fungsional serta tenaga teknis lainnya dengan kualifikasi sebagai berikut :
a). Diploma III (DIII) sebanyak 173 orang dengan rincian :
- Diploma III (DIII) Kehutanan 91 Orang
- Diploma III (DIII) Ekonomi Akuntansi 80 Orang
- Diploma III (DIII) Kearsipan 2 Orang
b). Sarjana (S1) sebanyak 177 orang dengan rincian :
- Sarjana (S1) Kehutanan 88 orang
- Sarjana (S1) Ekonomi Akuntansi 77 orang
- Sarjana (S1) Biologi 3 orang
- Sarjana (S1) Administrasi Negara 3 orang
- Sarjana (S1) Ilmu Tanah 2 orang
- Sarjana (S1) Sosiologi 2 orang
- Sarjana (S1) Statistik 1 orang
- Sarjana (S1) Teknik Lingkungan 1 orang
I. JABATAN LOWONG
Pelamar melamar jabatan yang lowong dengan menuliskan kode jabatan pada formulir pendaftaran sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki. Pelamar berhak untuk memilih maksimal 2 (dua) jabatan lowong. Pilihan jabatan tidak bersifat mutlak, panitia berhak menentukan pelamar yang lolos seleksi dengan jabatan di luar jabatan pilihan pelamar. Nama jabatan lowong, kode jabatan, persyaratan
jabatan dan uraian tugas masing-masing jabatan terlampir.
II. PERSYARATAN UMUM
a). Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b). Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
c). Tidak dalam kedudukan sebagai pengurus/anggota partai politik.
d). Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri maupun sebagai pegawai swasta.
e). Tidak berkedudukan sebagai CPNS dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
f). Sehat jasmani dan rohani.
g). Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah.
III. PERSYARATAN KHUSUS
1. Usia
a). Usia minimal 18 tahun (lahir tanggal 1 Desember 1990 atau sebelumnya).
b). Untuk Diploma III (DIII) berusia maksimal 25 tahun (lahir tanggal 1 Desember 1983 atau
sesudahnya).
c). Untuk Sarjana (S1) berusia maksimal 28 tahun (lahir tanggal 1 Desember 1980 atau sesudahnya).
2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
a). Untuk Diploma III (DIII) minimal 2,50 skala 4 dengan program studi terakreditasi A, B, atau C.
b). Untuk Sarjana (S1) minimal 2,75 skala 4 dengan program studi terakreditasi A, B, atau C.
IV. PENDAFTARAN DAN PENYAMPAIAN BERKAS
a). Berkas pendaftaran harus sudah diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 15 Oktober 2008 ditujukan kepada :
PANITIA PENGADAAN CPNS DEPARTEMEN KEHUTANAN
FORMASI TAHUN 2008 PO BOX 7600/JKPWB JAKARTA 10270
Panitia hanya menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui PO BOX tersebut di atas dan tidak menerima format penyampaian lamaran lainnya termasuk diantar langsung ke Departemen Kehutanan.
b). Berkas lamaran dengan lampiran-lampirannya disusun sebagai berikut :
- Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap, formulir dapat di download di website Departemen Kehutanan di www.dephut.go.id
- Surat lamaran ditulis tangan sendiri dengan tinta warna hitam di atas kertas folio bergaris dengan huruf latin dengan mencantumkan biodata antara lain nama, tempat/tanggal lahir, status (nikah /
belum nikah/janda/duda), alamat jelas yang mudah dihubungi dan nomor telepon/HP dan ditujukan kepada Menteri Kehutanan cq. Kepala Biro Kepegawaian;
- Fotocopy ijazah dan transkip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, sebanyak 1 (satu) lembar (Surat Keterangan Lulus/Ijazah Sementara tidak dapat diterima);
- Fotocopy sertifikat akreditasi program studi, sebanyak 1 (satu) lembar;
- Surat Pernyataan bermaterai Rp 6.000,- sanggup memenuhi persyaratan (umum dan khusus) dan ketentuan pelaksanaan Penerimaan CPNS Departemen Kehutanan Formasi Tahun 2008, sebanyak 1 (satu) lembar, format surat dapat di download di website Departemen Kehutanan di www.dephut.go.id
- Pasfoto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 cm berlatar belakang merah, sebanyak 2 (dua) lembar;
1 (satu) lembar foto ditempel di formulir pendaftaran dan 1 (satu) lembar lainnya ditulisi nama pelamar di bagian belakang foto;
- Fotocopy bukti pengalaman kerja/kursus yang berkaitan dengan jabatan yang dilamar bila ada, sebanyak 1 (satu) lembar.
- Fotocopy hasil pemeriksaan kesehatan umum yang telah dilegalisir dari dokter/klinik yang meliputi : tinggi dan berat badan, mata, gigi, fungsi motorik, pendengaran dan tekanan darah (khusus untuk pelamar jabatan Polisi Kehutanan (Polhut), baik pilihan 1 atau 2).
c). Lamaran beserta lampiran tersebut pada butir (b) disusun rapi sesuai urutan di dalam map kertas jepit berlubang (snelhecter) dengan warna :
- Kuning untuk Diploma III (DIII),
- Biru untuk Sarjana (S1),
d). Map lamaran dimasukkan ke dalam amplop warna coklat dan ditulis pada pojok kiri atas kode kualifikasi pendidikan.
e). Berkas lamaran yang tidak memenuhi syarat tidak akan diproses.
f). Berkas lamaran yang diterima panitia menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
V. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI
Seleksi Pengadaan CPNS Departemen Kehutanan Formasi Tahun 2008 dilakukan dengan tahapantahapan sebagai berikut :
1. Seleksi Administratif
Panitia akan memberlakukan sistem ranking berdasarkan pertimbangan nilai IPK, akreditasi program studi, umur dan pengalaman kerja untuk menentukan jumlah peserta ujian tertulis apabila jumlah pelamar melebihi jumlah peserta ujian yang ditentukan. Pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi dan berhak untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya akan diumumkan pada tanggal 30 Oktober 2008.
2. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi wajib mengambil Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) pada tanggal 11-12 November 2008 dengan menunjukkan ijazah asli dan fotocopy formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap, bertempat di kantor Koordinator UPT Departemen Kehutanan di seluruh Indonesia atau tempat lain yang ditunjuk.
3. Ujian Tertulis
Ujian Tertulis akan dilaksanakan serentak di seluruh kantor Koordinator UPT Departemen Kehutanan di seluruh Indonesia atau tempat lain yang ditunjuk pada tanggal 13 November 2008. Hasil ujian
tertulis akan diumumkan pada tanggal 5 Desember 2008.
4. Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 30 Tahun 2007 tanggal 27 Agustus 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan CPNS, materi ujian meliputi :
- Tes Kompetensi Dasar (TKD); dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku peserta ujian, yang meliputi :
- Tes Pengetahuan Umum / TPU (Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Hankam dan Hukum);
- Tes Bakat Skolastik / TBS (Kemampuan Verbal, Kemampuan Kuantitatif, dan Kemampuan Penalaran); (nb. Mod Milis persiapan-seleksi CPNS/BUMN klik http://www.gpsjakarta.com )
- Tes Skala Kematangan / TSK (Kemampuan Beradaptasi, Pengendalian Diri, Semangat Berprestasi, Integritas dan Inisiatif).
- Tes Kompetensi Bidang (TKB); dimaksudkan untuk mengukur kemampuan dan atau keterampilan peserta ujian yang berkaitan dengan kompetensi jabatan.
5. Seleksi dilakukan dengan sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
VI. LAIN-LAIN
1. Panitia TIDAK MEMUNGUT BIAYA APAPUN dari peserta.
2. Departemen Kehutanan tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Departemen Kehutanan atau panitia, sehingga pelamar diharapkan tidak melayani tawaran-tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai CPNS Departemen Kehutanan.
3. Pelamar yang telah dinyatakan lulus namun mengundurkan diri, tidak akan diterima sebagai CPNS Departemen Kehutanan pada pengadaan pegawai baru tahun-tahun berikutnya.
4. Setelah diangkat CPNS tidak boleh meminta pindah selama 5 (lima) tahun.
5. Lamaran yang dikirimkan kepada Departemen Kehutanan sebelum pengumuman ini dianggap tidak berlaku.
6. Informasi resmi yang terkait dengan seleksi CPNS Departemen Kehutanan Formasi Tahun 2008 hanya dapat dilihat melalui website Departemen Kehutanan di http://www.dephut.go.id Oleh karena itu para pelamar disarankan untuk terus memantaunya.
Jakarta, 24 September 2008
Kepala Biro Kepegawaian
selaku Ketua Panitia Pengadaan CPNS Dephut Formasi 2008
Ir. Mudjihanto Soemarmo, MM
=================================================
PROGRAM PELATIHAN SINGKAT/SEHARI APTITUDE TEST/GAT/TPA/TBS CPNS
(GPSJAKARTA Lembaga Independen Profesional & Tdk Ada Hubungan/
Kaitan Dengan Lembaga Lain)
I. PERSIAPAN SELEKSI PEGAWAI BUMN/CPNS/Bank Indonesia (JAKARTA)
Diselenggarakan selama sehari dan satu kali pertemuan
Hari : MINGGU 12 Oktober 08 (dibuka kelas tiap sabtu/minggu)
Waktu : 08.30 s.d 17.00 biaya Rp. 200.000.
Tempat: Kampus GPSJAKARTA Point Square Education Centre Lantai M
(Mezanin) LebakBulus (depan carrefour Terminal Lb.Bulus)
Formulir download dari http://www.gpsjakarta.com/formulireguler.doc
Ribuan Alumni kami berhasil masuk PNS dan BUMN serta Bank Indonesia.
II. PROGRAM PELATIHAN SINGKAT/SEHARI TBS/TPA CPNS (SURABAYA):
Hari : SABTU 11 Oktober 2008
Waktu : 08.00 s.d 17.00 Rp. 220.000
Tempat: Gdg Perpustakaan ITS Lt.2 blkg Rektorat Sukolilo SURABAYA
http://www.gpsjakarta.com/surabaya.doc
Peralatan yang harus disiapkan peserta adalah : Pensil 2B, Karet
Penghapus, Rautan, Kartu Identitas yang masih berlaku KTP/SIM (bagi
yang keperluan mencari kerja) terlambat tidak diperkenankan mengikuti
tes psikologi meskipun telah terdaftar dan biaya tidak dapat diminta
kembali)
III. PROGRAM PELATIHAN SINGKAT/SEHARI TBS/TPA CPNS (YOGYAKARTA):
Hari : MINGGU 12 Oktober 2008
Waktu : 08.00 s.d 17.00 Rp. 220.000
Tempat: Kampus AA YKPN Jl Gagak Rimang/Kemakmuran Balapan Yogyakarta
Pendaftaran : Hub Bu Bambang 02747823456 atau 0274584021
http://www.gpsjakarta.com/yogyakarta.doc
Peralatan yang harus disiapkan peserta adalah : Pensil 2B, Karet
Penghapus, Rautan, Kartu Identitas yang masih berlaku KTP/SIM (bagi
yang keperluan mencari kerja) terlambat tidak diperkenankan mengikuti
tes psikologi meskipun telah terdaftar dan biaya tidak dapat diminta
kembali)
IV. PROGRAM PELATIHAN JARAK JAUH (TPA ONLINE)CPNS/ BUMN
(Tdk melayani pengiriman H-5 dan H+5 lebaran krn TIKI/POS Tutup)
Sedangkan bagi yang jauh dari Jakarta silahkan daftar untuk kegiatan
pelatihan TPA/TBS Jarak Jauh/ Online(modul dan Pembahasan dikirim
pakai POS/TIKI (mhn segera daftar krn kami butuh waktu buat
pengiriman). Prosedurnya :
1. Download formulir http://www.gpsjakarta.com/formulironline.doc
dan penjelasan lengkap Program Aptitude test/ TPA Online klik di
http://www.gpsjakarta.com/prod05.htm
2. Kemudian anda tranfer biayanya ke rekening yang tertera dalam
formulir (boleh dari bank manapun atau pakai ATM ).
3. Bukti transfer ditempel di bagian paling bawah formulir yang
telah diisi dengan lengkap dan jelas termasuk kode pos dan nomor
telpon dan email kirim melalui Fax ke 021-75921487 atau email
gpsjakarta_online@yahoo.com (salah satu saja)
4.Sehabis kirim fax atau email mohon konfirmasi ke 021-98299611,
98290979 apakah hasilnya cukup jelas atau perlu diulang. Banyak
kejadian dimana hasil fax tidak jelas dan tidak terbaca sama sekali
sehingga pengelola TPA/TBS Online tidak bisa mengirimkan Modul
Pelatihan dan nunggu sampai calon peserta complain (nomortelpon dan
email pun tidak terbaca pula).
5.Setelah kami cek biaya telah masuk ke rekening kami maka Modul
dikirim beserta pembahasannya dengan KILAT KHUSUS PT. Pos Indonesia
(sesuai janji pihak Pos Indonesia 2 hari sampai) atau melalui TIKI
bagi yang ada di kota besar dan terlayani TIKI.
6.Semua pembahasan sudah terkirim beserta modul pelatihan dan
disertai fotocopy materi dasar, CDR Materi Tambahan.
7. Peserta diminta mengerjakan soal-soal yang dikirim dan baru
melihat pembahasannya. Apabila masih dianggap kurang cukup maka
ditanyakan lewat email sebagai media komunikasi peserta TPA Online
dengan masa aktif 20 hari sejak diterimanya modul kiriman
(tujuan pembatasan waktu agar peserta giat belajar dan berlatih).
8. Materi pelatihan TPA/TBS Online ini dibuat secara General dan
tidak ada kaitannya dengan seleksi pegawai instansi tertentu,
meskipun demikian banyak peserta TPA/TBS online yang meraih manfaat
misalnya semua materi TPA/TBS Online keluar dalam Seleksi CPTU Bank
Indonesia, PERTAMINA, BUMN lainnya, TOTAL E&P INDONESIE, dan
CPNS 2004 s.d 2007 yang baru lalu
====================
pak saya peserta pelatihan TPA online dari palembang,alhamdulilah
saya kemaren tes PT. PLN, PT Bukit Asam dan CPNS DEPKEU semuanya
lulus , hanya saja yang untuk PLN saya sudah gugur di TOEFL
kemaren,saya sudah lama perhatiin GPS untuk awal mula saya pikir
dengan belajar sendiri sudah cukup dan ternyata selama ini
saya selalu gagal makanya saya kemaren ikut palatihan TPA online dan
ternyata memang hasilnya sangat fantastis, saya gak nyangka bisa
lulus TPA DEPKEU karena memang soalnya sulit dan waktu yang super
singkat. tes selanjutnya saya untuk PT bukit asam tanggal 28, saya
bingung untuk tes psikotes DEPKEU apa ya, maksudnya psikotes
intelejensi atau psikotes kepribadian? tolong pak koko nfonya...,saya
pengen banget ikut pelatihan psikotes di GPS tp saya rasa gak
mungkin karena disini saya bekerja jd tidak ada waktu kesana,ada
pelatihan psikotes jarak jauh juga gak pak? Terima kasih sebelumnya.
Moderator : Wah mohon maaf tidak ada tuh, mendingan ke Jakarta aja
sekalian pemantapan ilmu TPA anda dan ikut kegiatan GPSlainnya
seperti Tes Psikologi. Oh ya GPS sekarang hadoir di Mall lho dan
dekat lagi dengan akses Tol, Terminal Bus Lebak Bulus, Bus Way dll
==================================
JASA SELEKSI & PERSIAPAN SELEKSI PEGAWAI CPNS DAN BUMN, BANK
INDONESIA, PASCASARJANA, STAN, STT TELKOM, EKSTENSI FE-UI,BEASISWA
OTO BAPPENAS, SAMPOERNA,DLL DISELENGGARAKAN HANYA SATU KALI
PERTEMUAN SETIAP SABTU/MINGGU PADA SETIAP MINGGUNYA BIAYA 200 RB.
RIBUAN ALUMNI KAMI BERHASIL DITERIMA DI BUMN DAN CPNS SEJAK 2001.
ALUMNI SAMPAI BULAN OKTOBER 2007 MENCAPAI 17.500 ORANG TERSEBAR
DI SELURUH INDONESIA. Kelas Reguler TIAP SABTU. Kelas Khusus di
YOGYA, SURABAYA, BANDUNG dg biaya Rp. 220.000. Tersedia juga
Pelatihan Jarak Jauh LEBIH LENGKAP Hub GPS di 021-70742586,
98299611,98290979 HOTLINE 085210623123 http://www.gpsjakarta.com
========================================
------------------------------------
====================
JASA SELEKSI & PERSIAPAN SELEKSI PEGAWAI CPNS DAN BUMN, BANK INDONESIA, PASCASARJANA, STAN, STT TELKOM, EKSTENSI FE-UI,BEASISWA OTO BAPPENAS, SAMPOERNA, DLL DISELENGGARAKAN HANYA SATU KALI PERTEMUAN SETIAP SABTU/MINGGU PADA SETIAP MINGGUNYA BIAYA 200 RB. RIBUAN ALUMNI KAMI BERHASIL DITERIMA DI BUMN DAN CPNS SEJAK 2001. ALUMNI SAMPAI BULAN JULI 2008 MENCAPAI 19.500 ORANG TERSEBAR DI SELURUH INDONESIA. DIBUKA KELAS REGULER di KAMPUS GPSJAKARTA POINS SQUARE Lt.M LEBAK BULUS, JAKSEL TIAP SABTU. Kelas Khusus di YOGYA, SURABAYA, BANDUNG dg biaya Rp. 220.000. Tersedia juga Pelatihan Jarak Jauh LEBIH LENGKAP Hub GPS di 021-70742586, 98299611,98290979 HOTLINE 085210623123 Fax. 021-75921487 http://www.gpsjakarta.com
========================================
Yahoo! Groups Links
<*> To visit your group on the web, go to:
http://groups.yahoo.com/group/persiapan-seleksi/
<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional
<*> To change settings online go to:
http://groups.yahoo.com/group/persiapan-seleksi/join
(Yahoo! ID required)
<*> To change settings via email:
mailto:persiapan-seleksi-digest@yahoogroups.com
mailto:persiapan-seleksi-fullfeatured@yahoogroups.com
<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
persiapan-seleksi-unsubscribe@yahoogroups.com
<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
http://docs.yahoo.com/info/terms/
0 komentar
Posting Komentar