P E N G U M U M A N
Nomor : 01/S.Peng/X-X.3/12/2007

1. Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI), lembaga negara yang mempunyai tugas pokok memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, membuka kesempatan kepada warga negara Republik Indonesia, pria dan wanita, lulusan sarjana untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) golongan III dan ditempatkan pada Kantor Pusat/Perwakilan BPK-RI di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan ketentuan-ketentuan
sebagai berikut :

FORMASI
Sarjana (S1) dengan Fakultas/Jurusan/Program Studi/Konsentrasi :

No. Fakultas Jurusan Prog Studi/Konsent Formasi KodeJur
1 Ekonomi Akuntansi ... 272 AK
Manajemen non Konsentrasi SDM 25 MN
Sumber Daya Manusia 5 SD
Studi Pembangunan ... 5 SP
2 Hukum Ilmu Hukum ... 40 HU
3 Teknik Teknik Sipil ... 25 TS
Teknik Industri ... 10 TI
Teknik Lingkungan ... 10 TL
Teknik Pertambangan ... 5 TP
Teknik Informatika/
Teknik Komputer ... 20 TK
4 MIPA Ilmu Komputer
5 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ilmu Komunikasi Ilmu Komunikasi
Ilmu Hubungan Masyarakat 20 IK
Hubungan Internasional ... 2 HI
6 Pertanian Pertanian Sosek/Agronomi 5 PT
7 Kehutanan Kehutanan Teknologi Hasil Hutan
Budidaya Hutan, Konservasi Sumber Daya Hutan
Manaj Hutan/Perkeb,Ilmu Peng Kehutanan 10 KH
8 Psikologi Psikologi ... 5 PS
9 Sastra Sastra Ind ... 2 SI
Sastra Inggris ... 4 SE
Sastra Perancis ... 1 SP
Sastra Jerman ... 1 SJ
Sastra Belanda ... 1 SB
Sastra Rusia ... 1 SR
Jumlah Formasi 469 Orang

2. PERSYARATAN KHUSUS

1. Persyaratan Akademis :
1. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri(PTN) yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan kategori A, IPK S1 minimal 2,50 (dua koma lima nol);
2. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri(PTN) yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan kategori B, IPK S1 minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
3. Lulusan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan kategori A, IPK S1 minimal 3,00 (tiga koma nol).

2. Berusia setinggi-tingginya 30 tahun per tanggal 1 Agustus 2008.
3. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah sampai dengan diterimanya petikan Surat Keputusan Sekretaris Jenderal BPK-RI tentang
pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

3.PENDAFTARAN
1. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil BPK-RI dilaksanakan dengan mekanisme sebagai berikut :

1. Mengisi Formulir Lamaran yang tersedia secara online pada website CPNS BPK-RI mulai tanggal 19 Desember 2007 sampai dengan tanggal 29
Desember 2007 untuk memperoleh bukti registrasi pendaftaran yang print out-nya harus dilampirkan bersama berkas lamaran.
2. Mengirimkan Berkas Lamaran yang dilampiri print out bukti registrasi pendaftaran dan diterima Panitia selambat-lambatnya tanggal 8 Januari 2008 serta ditujukan kepada :

PANITIA PENYARINGAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA PO BOX 1401 JKP 10210

2. Berkas Lamaran sebagaimana dimaksud pada angka 1 huruf b di atas terdiri dari :
1. Surat Lamaran dengan ditulis tangan;
2. Daftar Riwayat Hidup sesuai formulir yang dapat di-download/unduh disini;
3. Pas foto terakhir ukuran 4x6 (berwarna) sebanyak 3 lembar (Bagian belakang foto ditulisi nama dan jurusan studi pelamar);
4. Fotokopi KTP yang masih berlaku;
5. Fotokopi ijazah (S1) dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir (cap dan tanda tangan asli) oleh Dekan/Pembantu Dekan I/Direktur Program. Surat Keterangan Kelulusan/Ijazah Sementara tidak
dapat diterima;
6. Fotokopi Akte Kelahiran.
3. Berkas Lamaran sebagaimana disebutkan pada angka 2 di atas, disusun rapi sesuai urutan di atas dimasukkan dalam map (warna bebas) dengan bagian depan map ditempeli print out bukti registrasi pendaftaran.
4. Berkas lamaran sebagaimana disebutkan dalam angka 3 kemudian dimasukkan ke dalam amplop warna coklat dan diberi KODE JURUSAN sesuai angka I Formasi pada kanan atas amplop.
5. Panitia hanya menerima lamaran yang dilampiri print out register pendaftaran dan disampaikan melalui PO BOX tersebut di atas serta
tidak menerima lamaran dengan format lain.
6. Setiap Pelamar hanya diperkenankan mengirimkan satu berkas lamaran.
7. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas tidak akan diproses.
8. Berkas lamaran yang diterima Panitia tidak dapat diminta kembali.

4. TAHAPAN DAN PELAKSANAAN SELEKSI

1. Seleksi penerimaan CPNS dilakukan dengan
tahapan-tahapan sebagai berikut :
1. Administratif;
2. Pengetahuan Umum, meliputi :
1. Tes Potensi Akademik (TPA); mod klik http://www.gpsjakarta.com
2. TOEFL; dan Tes Pengetahuan Bahasa Indonesia (TPBI);
3. Psikotes; serta
4. Wawancara.
2. Pelamar yang telah memenuhi ketentuan pendaftaran dan persyaratan administratif akan dipanggil untuk mengikuti tahap seleksi Penerimaan
CPNS berikutnya.
3. Setiap Pelamar yang berhak mengikuti seleksi akan diumumkan per tahap melalui website CPNS BPK-RI.
4. Surat panggilan untuk mengikuti ujian per tahap akan dikirim ke alamat peserta.
5. Pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS akan dilaksanakan secara serempak di seluruh Indonesia berdasarkan pilihan lokasi ujian sebagaimana tercantum dalam website Penerimaan CPNS BPK-RI.
6. Kartu Peserta Ujian (KPU) harus diambil sendiri oleh peserta ujian di kantor BPK sesuai dengan lokasi ujian dan jadwal waktu pengambilan dengan menunjukkan Surat Panggilan beserta kartu identitas
diri (KTP asli) peserta.
7. Jadwal pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian akan diumumkan melalui website Penerimaan CPNS BPK-RI.
8. Apabila peserta belum menerima surat panggilan per pos, maka pengumuman melalui website CPNS BPK-RI dapat dianggap sebagai surat panggilan setelah dilaporkan dan dinyatakan benar oleh Panitia.
9. Seleksi Penerimaan CPNS per tahap
dilakukan dengan sistem gugur dan Keputusan kelulusan
yang ditetapkan oleh Panitia tidak dapat diganggu
gugat.

5. LAIN-LAIN
1. Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil BPK-RI sama sekali tidak dipungut biaya.
2. Berkas Lamaran yang dikirim kepada Panitia Penerimaan CPNS BPK-RI Tahun 2007/2008 sebelum pengumuman ini diterbitkan dianggap tidak berlaku dan tidak diproses untuk pelaksanaan seleksi.
3. Peserta yang dinyatakan lulus pada tahap terakhir dan akan diangkat menjadi CPNS BPK RI wajib menyerahkan Ijazah Asli sesuai formasi untuk disimpan pada Biro SDM BPK RI selama 4 Tahun.
4. Bagi mereka yang telah dinyatakan lulus pada tahap akhir seleksi dan akan diproses untuk pengusulan sebagai CPNS BPK-RI tetapi mengundurkan diri dan atau apabila selama dalam jangka waktu 4
(empat) tahun ikatan wajib kerja yang telah diperjanjikan mengundurkan diri diwajibkan membayar ganti rugi sebesar Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) untuk disetorkan ke Kas Negara.
5. Apabila dalam jangka waktu ikatan wajib kerja tersebut, CPNS atau PNS tidak melakukan kewajibannya dan atau melarikan diri dari kewajibannya dan atau setelah diumumkannya hasil seleksi tahap
akhir penerimaan CPNS BPK-RI diketahui adanya data atau ketentuan yang tidak benar, BPK-RI akan membatalkan kelulusan/proses pengusulan menjadi CPNS, memberhentikan sebagai PNS serta melakukan proses
hukum sesuai ketentuan yang berlaku.
6. Pada saat mengambil Kartu Peserta Ujian, peserta diharuskan menyerahkan Surat Pernyataan Bersedia Membayar Ganti Rugi bermeterai Rp 6.000,00 sesuai contoh dalam website CPNS BPK RI.
7. Informasi resmi yang terkait dengan Penerimaan CPNS BPK-RI 2007/2008 adalah website BPK-RI http://cpns.bpk.go.id.
8. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Penyaringan CPNS No. Telp: (021)5704395 ext. 382/386 setiap hari kerja (jam 09.00
– 15.00 WIB) atau via e-mail ke panitiacpns@bpk.go.id. Ada baiknya anda membaca terlebih dahulu bagian FAQ, mungkin pertanyaan anda telah terjawab disana.

6. PENEMPATAN

1. Calon Pegawai Negeri Sipil hasil penyaringan tahun 2007/2008 akan ditempatkan pada Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan BPK-RI diseluruh
Indonesia untuk mengisi kebutuhan sumber daya manusia sesuai formasi yang ditetapkan.
2. Bagi Pelamar yang telah dinyatakan diterima dan diangkat sebagai CPNS, yang bersangkutan tidak dapat menolak/menunda penempatan dengan alasan apapun.

Jakarta, 18 Desember 2007

BADAN PEMERIKSA KEUANGAN
SEKRETARIS JENDERAL
selaku
Ketua Panitia Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil
Badan Pemeriksa Keuangan Tahun 2007/2008


Drs. Dharma Bhakti, MA.
NIP : 060049770
==================================================
Materi BPK berupa TPA ONLINE Apa itu ?
Dahulu materi Pelatihan TPA Online memakai model Modul dikirim namun
pembahasan lewat mailinglist/email, namun perkembangannya kurang lancar karena banyak peminat yang tidak bisa akses internet namun berminat ikut (dan itu mayoritas demikian). Oleh sebab itu mulai tahun 2004 diubah menjadi semua materi baik Modul, Pembahasan, Bonus CD Materi TPU dan Buku Prediksi CPNS dikirim semuanya lewat TIKI/POS. Apabila ada yang belum dimengerti boleh bertanya lewat email (nah krn dimungkinkan bertanya lewat email inilah maka Pelatihan TPA/TBS
Jarak jauh tetap dengan nama TPA/TBS online. Materi TBS/TPA adalah berupa Materi Verbal, Kuantitatif dan Logika semua disertai pembahasan dan trik-trik cepat. Oleh sebab itu wajar alumni TPA/TBS Online tidak kalah kualitasnya dengan onclass meskipun ada sebagian orang yang tidak bisa model online (krn tanpa pengajar kurang PD atau kurang Semangat/tdk bisa belajar secara mandiri). Materi Pelatihan TPA baik Onclas maupun Online sesuai sekali untuk CPNS BPK, Bappenas dll /BUMN/ Pascasarjana/ Beasiswa, Promosi Jabatan, dll. Biaya untuk Jawa dan Sumatera Rp. 140.000 dan untuk diluar Jawa dan Sumatera (Riau, Kalimantan, Sulawesi, NTB, NTT, Papua, Bali) biayanya Rp. 160.000. Perbedaan biaya hanya masalah ongkos kirim yang memang lebih mahal. Untuk di YOGYA bisa ambil langsung ke Perwakilan GPSJAKARTA Bu Bambang Irawan Jl. Sidobali UH 2 No. 388 tlp.0274-7823456, 0274-584021, begitu juga untuk Jakarta boleh juga lsg ke Kantor Pusat GPSJAKARTA tlp. 021-70742586
==================================================

PROGRAM SUKSES CPNS/BUMN GPSJAKARTA Consulting (sejak 2001)

1. PROGRAM BIMBINGAN dan PELATIHAN:

JAKARTA: SABTU 29 Des 2007 (Tiap Sabtu dibuka kelas baru)
Tempat : di Kampus GRAHA CIPETE JAKSEL
Waktu : Pk. 08.30 sd 17.00 wib
Biaya Rp. 175.000 (bisa transfer atau langsung tunai)
Tempat Daftar: GPSJAKARTA CISSY POINT Graha CIPETE Jl. Fatmawati 75
PS Kebayoran Baru Jaksel (Naik Bus dari Blok M Metromini 610 hanya 10
menit turun pasar CIPETE/Gedung Merah)
Form : http://www.gpsjakarta.com/formulireguler.doc
Hub. 021-98299611, 70742586, Fax. 021-7393112, hotline 085210623123

2. TES KEPRIBADIAN/ PSIKOTES (Bukan Pelatihan)

JAKARTA : KAMIS 27 Desember 07 (tiap Kamis ada pelaksanaan)
Waktu : Pk. 09.00 s.d 13.00 wib
Tempat : Kampus GPSJAKARTA Graha Cipete Jaksel
Biaya : Rp. 215.000 (analisis biasa) dan Rp. 325.000 (lengkap)
Hubungi 021-70742586, 021-98299611, 085210623123, Fax. 021-7393112
Formulir klik http://www.gpsjakarta.com/formulirperorangan. doc

3. PROGRAM PELATIHAN JARAK JAUH/TPA ONLINE:

Sedangkan bagi yang jauh dari Jakarta silahkan daftar untuk kegiatan Pelatihan TPA/TBS Jarak Jauh/ Online(modul dan Pembahasan dikirim pakai POS/TIKI (mhn segera daftar krn kami butuh waktu buat pengiriman. caranya adalah :

1. Download formulir http://www.gpsjakarta.com/formulironline.doc
atau http://www.gpsjakarta.com/formulironline.zip
dan penjelasan lengkap Program Aptitude test/ TPA Online klik di
http://www.gpsjakarta.com/prod05.htm
2. Kemudian anda tranfer biayanya ke rekening yang tertera dalam
formulir (boleh dari bank manapun atau pakai ATM ).
3. Bukti transfer ditempel di bagian paling bawah formulir yang telah
diisi dengan lengkap dan jelas termasuk kode pos dan nomor telpon dan
email kirim melalui Fax ke 021-7393112.
4.Sehabis kirim fax mohon konfirmasi ke 021-98299611, 98290979 apakah
hasilnya cukup jelas atau perlu diulang. Banyak kejadian dimana hasil fax tidak jelas dan tidak terbaca sama sekali sehingga pengelola TPA/TBS Online tidak bisa mengirimkan Modul Pelatihan dan nunggu sampai calon peserta complain (nomor telpon dan email pun tidak terbaca pula).
5.Setelah kami cek biaya telah masuk ke rekening kami maka Modul
dikirim beserta pembahasannya dengan KILAT KHUSUS PT. Pos Indonesia
(sesuai janji pihak Pos Indonesia 2 hari sampai) atau melalui TIKI
bagi yang ada di kota besar dan terlayani TIKI.
6.Semua pembahasan sudah terkirim beserta modul pelatihan dan
disertai fotocopy materi dasar, CDR Materi Tambahan.
7. Peserta diminta mengerjakan soal-soal yang dikirim dan baru
melihat pembahasannya. Apabila masih dianggap kurang cukup maka
ditanyakan lewat email sebagai media komunikasi peserta TPA Online
dengan masa aktif 20 hari sejak diterimanya modul kiriman
(tujuan pembatasan waktu agar peserta giat belajar dan berlatih).
8. Materi pelatihan TPA/TBS Online ini dibuat secara General dan
tidak ada kaitannya dengan seleksi pegawai instansi tertentu,
meskipun demikian banyak peserta TPA/TBS online yang meraih manfaat
misalnya semua materi TPA/TBS Online keluar dalam Seleksi CPTU Bank
Indonesia, PERTAMINA, BUMN lainnya, TOTAL E&P INDONESIE, dan CPNS
2004 s.d 2006 yang baru lalu.
====================
Kelas Khusus di YOGYA, SURABAYA, BANDUNG dg biaya Rp. 220.000. Tersedia juga Pelatihan Jarak Jauh LEBIH LENGKAP Hub GPS di 021-70742586, 98299611,98290979 HOTLINE 085210623123 Fax. 021-7393112 http://www.gpsjakarta.com
========================================

====================
JASA SELEKSI & PERSIAPAN SELEKSI PEGAWAI CPNS DAN BUMN, BANK INDONESIA, PASCASARJANA, STAN, STT TELKOM, EKSTENSI FE-UI,BEASISWA OTO BAPPENAS, SAMPOERNA, DLL DISELENGGARAKAN HANYA SATU KALI PERTEMUAN SETIAP SABTU/MINGGU PADA SETIAP MINGGUNYA BIAYA 175 RB. RIBUAN ALUMNI KAMI BERHASIL DITERIMA DI BUMN DAN CPNS SEJAK 2001. ALUMNI SAMPAI BULAN OKTOBER 2007 MENCAPAI 17.500 ORANG TERSEBAR DI SELURUH INDONESIA. GPSJAKARTA di CIPETE JAKSEL reguler TIAP SABTU ATAU MINGGU. Kelas Khusus di YOGYA, SURABAYA, BANDUNG dg biaya Rp. 220.000. Tersedia juga Pelatihan Jarak Jauh LEBIH LENGKAP Hub GPS di 021-70742586, 98299611,98290979 HOTLINE 085210623123 Fax. 021-7393112 http://www.gpsjakarta.com

========================================

Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:

http://groups.yahoo.com/group/persiapan-seleksi/

<*> Your email settings:
Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:

http://groups.yahoo.com/group/persiapan-seleksi/join

(Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
mailto:persiapan-seleksi-digest@yahoogroups.com
mailto:persiapan-seleksi-fullfeatured@yahoogroups.com

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
persiapan-seleksi-unsubscribe@yahoogroups.com

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:

http://docs.yahoo.com/info/terms/

Free Web Hosting with Website Builder

0 komentar